Telp/SMS/WA : 0856.04.0000.25 (FAST RESPONSE) Pin BB : D69273AE (Pin BB Baru, Pin Lama tidak aktif)

7 Tips Mengatasi Lemas, Letih, Lesu, saat Ibu Hamil Tua dan Muda

Perubahan hormonal pada awal kehamilan dan perubahan ukuran perut kerap kali menimbulkan rasa kelelahan dan keletihan bagi ibu hamil tua maupun hamil muda. Kelelahan pada ibu hamil ini adalah hal yang wajar terjadi bagi ibu hamil karena tubuh bekerja cukup keras untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Meskipun ini merupakan hal yang wajar, tetapi cukup penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa tips untuk mengurangi gejala-gejala tersebut. Berikut ini akan dijabarkan tujuh tips kunci untuk mengurangi kelelahan bagi ibu hamil:
lemas saat hamil lemas saat hamil muda badan lemas saat hamil badan lemas saat hamil muda
1. Tidur dan Istirahat Selama Masa Kehamilan
Untuk mengurangi kelelahan, saran yang paling dasar adalah dengan mendapatkan tidur yang cukup selama masa kehamilan, setidaknya dalam jangka waktu delapan jam di malam hari dan tidur siang setelah makan. Jika Anda terpaksa untuk tidak tidur siang, sempatkanlah setidaknya beristirahat, walaupun hanya berbaring, agar tubuh Anda kembali rileks. Bagi wanita yang memiliki masalah kesulitan tidur, World Health Organization (WHO) memberikan beberapa solusi terkait, yaitu :
a. Dengan menghindari minuman seperti kafein.
b. Minum susu hangat sebelum tidur.
c. Mandi air panas, pijat selama kehamilan, membaca atau kegiatan santai lainnya.

jual maternity pillow harga beli jual mengandung bumil maternity pregnancy wiiwash maternity pillow kaskus online murah

tidur dengan bantal hamil / maternity pillow membantu perut tertopang dengan baik dan mengurangi sakit pinggang sehingga tidur lebih nyenyak 

2. Aktivitas Fisik Ringan Selama Masa Kehamilan
Aktivitas fisik ringan, seperti berjalan, dapat meningkatkan kelancaran aliran darah selama kehamilan, melepaskan endorfin, dan dapat mengurangi kelelahan. Dalam hal ini, cara untuk mengatasi perasaan takut kelelahan dan malas melakukan apa-apa, adalah dengan menghadapinya dan memaksakan diri untuk bergerak & keluar rumah, karena kontak langsung dengan sinar matahari merangsang produksi vitamin D yang memiliki peran penting selama masa kehamilan.
3. Hindari Stres dalam Kehamilan
Stres juga merupakan salah satu penyebab kelelahan dan cenderung meningkatkan rasa kelelahan selama masa kehamilan, tidak hanya secara fisik tapi juga secara mental. Maka, banyak lakukan aktivitas yang menenangkan, seperti misalnya berdoa. Melatih kontrol pernafasan juga penting untuk ibu hamil, karena nantinya dapat mempermudah proses persalinan. Fokus pada pernapasan Anda akan sangat membantu Anda bersantai. Untuk melakukan ini, kita harus berada pada posisi yang nyaman dengan tulang belakang tegak, kemudian tutuplah mata Anda dan berkonsentrasi pada pernafasan Anda. Tujuannya adalah untuk bernafas melalui hidung dan menghembuskan nafas melalui mulut Anda, dan semua dilakukan dengan lembut dan perlahan-lahan.

4. Hindari Dehidrasi Selama Masa Kehamilan
Kelelahan juga merupakan gejala dehidrasi, jadi jika seorang wanita tidak minum cukup air, maka dehidrasi meningkat dan dapat menyebabkan rasa lelah. Sebuah majalah yang berjudul “Panduan Perawatan Kehamilan” yang diterbitkan oleh Institut Nasional untuk Kesehatan Masyarakat, melaporkan bahwa manusia umumnya harus meminum setidaknya 1,5 liter air setiap hari. Tetapi, di negara Spanyol dan beberapa organisasi kesehatan lain merekomendasikan konsumsi air sebanyak 2,5 hingga 3 liter/hari. Dehidrasi tidak hanya mengurangi kelelahan tetapi juga menyehatkan usus dan menghindarkan Anda dari sembelit ketika hamil.
5. Mengonsumsi Zat Besi Pada Masa Kehamilan
Anemia adalah masalah kekurangan gizi yang paling umum terjadi pada wanita hamil. Hal ini dapat disebabkan karena mayoritas wanita hamil akan merasa tidak berselera untuk makan. Departemen Kesehatan mengatakan bahwa kekurangan gizi pada ibu hamil yang paling umum terjadi adalah anemia yang disebabkan karena tubuh kekurangan zat besi. Salah satu gejala utama anemia adalah meningkatnya rasa lelah, letih, dan lesu. Oleh karena itu, sering mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi seperti daging, kacang-kacangan, dan sayur-sayuran hijau, serta buah-buahan seperti jeruk yang mengandung vitamin C ataupun buah lainnya, dapat meningkatkan penyerapan mineral dan meningkatkan produksi zat besi agar Anda terhindar dari anemia.
6. Pasang Aromatherapy
Sering menghirup dan menikmati aromatherapy juga dapat menghindarkan Anda dari rasa kelelahan selama masa kehamilan. Padatnya aktivitas harian Anda dapat Anda akhiri dengan mandi air hangat sembari menghirup aromatherapy. Hal ini berguna untuk menghindari kelelahan karena menghirup aromatherapy dapat menimbulkan perasaan tenang dan nyaman.
7. Menjaga Kadar Gula Darah Agar Tetap Stabil
Kandungan gula darah yang berlebihan juga dapat menyebabkan Anda merasa lelah dan lesu. Oleh karena itu, hindari mengonsumsi makanan yang mengandung minyak dan lemak berlebihan karena dapat meningkatkan kadar gula darah Anda. Mulailah dengan pola makan yang teratur dengan membiasakan sarapan setiap pagi dan mengonsumsi makanan ringan yang sehat.

=============================================================================================

Testimoni Bantal Hamil

jual-bantal-khusus-ibu-hamil-harga-murah-pregglow-online-sangat-membantu-review--tips-mengatasi-sakit-punggung-kram-pegal-pusing-hamil-5-7-8-9-bulan-lemah-letih-lesu-mengantuk

Ibu Tiara, Pontianak : Alhamdulillah sangat membantu sekali mba… bisa menopang perut dan bisa mengurangi nyeri di punggung dan pinggang saya mba, makasih ya mba..

 

 

 

 

 

ibu-hamil-kram-sakit-pinggang-bantal-hamil-review-pregglow-maternity-pillow-ibu-hamil-lemas--kasur-ibu-hamil

 

Ibu Tanti, Palopo, Sulawesi : Bantalnya udah nyampe, bagus banget, makasih ya bunda…

sangat membantu, makasih yaa..

 

 

 

 

jual-bantal-ibu-hamil-harga-murah-pregglow-online-sangat-membantu-review-sakit-punggung-kram-pegal-pusing-hamil-5-7-8-9-bulan  Bunda Siti, 6 bulan Bekasi : Enak sist …. perut aku di sanggah sama bantalnya..

jual-bantal-kasur-khusus-ibu-hamil-harga-murah-pregglow-online-sangat-membantu-review--tips-mengatasi-sakit-punggung-kram-pegal-pusing-hamil-5-7-8-9-bulan-lemah-letih-lesu

 

 

 

bunda Tanti, 6 bulan Bali : cukup membantu mengurangi backpain & bisa tidur lebih nyenyak 🙂 ..

 

 

 

 

 

jual-bantal-khusus-ibu-hamil-harga-murah-pregglow-online-sangat-membantu-review--tips-mengatasi-sakit-punggung-kram-pegal-pusing-hamil-5-7-8-9-bulan-lemah-letih-lesu

 

Bunda Sinta, Bogor : Alhamdulillah lebih nyaman

 

 

 

 

 

 

 

jual-bantal-khusus-ibu-hamil-harga-murah-pregglow-online-sangat-membantu-review--tips-mengatasi-sakit-punggung-kram-pegal-pusing-hamil-5-7-8-9-bulan-lemah-letih-lesu-ngantuk

 

 

 

 

 

 

Bunda Nina, 7 bulan pangandaran : Alhamdulillah tidak terlalu sakit pinggangnya. sekarang tidur agak pulas, biasanya sering bangun karena sakit pinggang.

 

jual-bantal-ibu-hamil-harga-murah-pregglow-online-sangat-membantu-review-sakit-punggung-kram-pegal-pusing-hamil-5-7-8-9-bulan-lemah-letih-lesu-tips

 Bunda Katrin, Pontianak 7 bulan : Pas banget ukurannya, trims yaa

 

Hubungi Kami Segera untuk mendapatkan harga promo

(persediaan stok untuk promo sangat terbatas) : 

Telp/ SMS / WA : 0856.04.0000.25 (Fast Response)

 pin BB : D69273AE


Kata Pencarian yang berhubungan :

lemas saat hamil
lemas saat hamil muda
badan lemas saat hamil
badan lemas saat hamil muda
lemas pada ibu hamil
lemas saat hamil 5 bulan
kenapa ibu hamil sering lemas
hamil muda badan lemas
lemas saat hamil tua
hamil lemas
sering lemas saat hamil
kaki lemas saat hamil
badan lemas saat hamil tua
badan terasa lemas saat hamil
lemas saat hamil 7 bulan
lemas saat hamil 9 bulan
mengatasi lemas saat hamil
mengatasi lemas saat hamil muda
cara mengatasi lemas saat hamil muda
cara mengatasi lemas saat hamil